Profesi-Profesi di Balik Pembuatan Game

Game Designer
Seperti kita ketahui semua, orang-orang yang bekerja di bagian ini bertugas untuk mendesign suatu game,termasuk didalamnya seperti menentukan alur, tipe, dan tampilan yang game itu seperti apa. Biasanya mereka mendesign game tersebut secara berkelompok. Didalam design, orang yang mendesain biasanya sangatlah ahli dalam pembuatan enviroment,mimik wajah,body dan pakaian yang cocok.


Programmer
bagian ini diisi oleh orang-orang yang pandai dalam membuat suatu source code yang memiliki fungsi yang sangat penting dalam suatu pembuatan game. Pada bagian inilah sang “game maker” akan bekerja secara kompak untuk membuat sebuah game yang diinginkan. Mereka akan bekerja keras untuk mendapatkan game seperti yang diinginkan sebelumnya, namun sayang Game Programmer di Indonesia masih sedikit sekali.


Artist
Orang yang berkerja pada bagian ini memiliki tugas untuk membuat sebuah tampilan atau bentuk dari suatu character yang nantunya akan digunakan pada game yang akan dibuat.


Composer (Music Editor)
Orang yang bekerja pada bagian ini memiliki tugas untuk menyisipkan suatu sound effect yang nantinya akan membuat suatu suasana dari game itu menjadi lebih real, karena dengan penggunaan dan penempatan suara yang pas dapat membuat game menjadi jauh lebih menarik.

Setelah dijelaskan masing-masing profesi pembuatan game di atas, sangatlah dapat dipahami bahwa sesungguhnya antara satu profesi ke profesi lainnya sangatlah erat kaitanya. Dimulai dari game designer, pada tampilan game tidak akan menarik tanpa adanya seorang yang berprofesi sebagai game designer walaupun disana terdapat programmer, artist, maupun composer yang handal sekalipun. Kemudian sang programmer game tidak kalah pentingnya, dengan kemampuan membuat source code inilah game dapat terbentuk dengan baiknya. Artist dalam game pun penting gunanya, bagaimana seorang artist/karakter disini berguna untuk membangun game itu dengan hidup. Misalnya pada game-game umumnya seorang artist/karakter dapat bergerak kesana kemari, melompat atau apalah itu mengikuti perintah si orang yang memainkan game itu.Setelah itu ada composer atau bisa disebut music editor. Disini peran sang composer dapat dilihat dari bagaimana cara dia membuat komposisi lagu/music yang dapat menghidupkan game yang dimainkan orang terlihat lebih menarik.



Sebuah game komputer masa kini mungkin termasuk canggih, kecerdasan buatan, grafis 3D, suara digital, skor musik asli, strategi yang kompleks dan dapat menggunakan beberapa perangkat input (seperti mouse, keyboard, gamepads dan joystick) dan dapat dimainkan melawan orang lain melalui Internet atau melalui LAN. Setiap aspek dari permainan dapat mengkonsumsi semua waktu satu programmer dan, dalam banyak kasus, beberapa programmer. Beberapa programmer mungkin spesialisasi dalam satu bidang pemrograman permainan, tetapi banyak yang akrab dengan beberapa aspek. Jumlah programmer yang diperlukan untuk setiap fitur tergantung pada kemampuan programmer. tapi sebagian besar adalah ditentukan oleh jenis permainan yang sedang dikembangkan.


Sumber : http://rizkiekasatria.wordpress.com/category/game-development/
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_design
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_programmer

You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Profesi-Profesi di Balik Pembuatan Game"

Posting Komentar

Powered by Blogger