Game programmer

Setelah tulisan pertama saya membahas tentang game designer, Pada tulisan yang kedua ini saya akan membahas tentang game programmer. Sama seperti tulisan sebelumnya, baik game designer maupun game programmer merupakan profesi yang terpenting di dalam pembuatan game. Profesi ditempati oleh orang-orang super yang pandai dalam membuat suatu source code yang memiliki fungsi yang sangat penting dalam suatu pembuatan game. Pada bagian inilah sang “game maker” akan bekerja secara kompak untuk membuat sebuah game yang diinginkan. Mereka akan bekerja keras untuk mendapatkan game seperti yang diinginkan sebelumnya, namun sayang Game Programmer di Indonesia masih sedikit sekali.Seseorang game programmer adalah software engineer, programmer, atau ilmuwan komputer yang bertugas untuk mengembangkan basis kode untuk permainan video atau perangkat lunak terkait, seperti alat-alat pengembangan game. Seseorang programmer game memiliki banyak disiplin ilmu khusus yang semuanya berada di bawah istilah "programmer game". Seorang programmer game tidak harus bingung dengan desainer game, yang bekerja pada desain permainan.



Sejarah


Pada hari-hari awal video game (dari awal 1970-an sampai pertengahan 1980-an), seorang programmer game juga mengambil tugas seorang desainer dan artis. Hal ini umumnya karena kemampuan komputer awal begitu terbatas yang memiliki personel khusus untuk setiap fungsi tidak diperlukan. Konsep Game pada umumnya ringan dan permainan hanya dimaksudkan untuk dimainkan selama beberapa menit pada suatu waktu, tetapi yang lebih penting, seni konten dan variasi dalam gameplay yang dibatasi oleh kekuasaan terbatas komputer.


Membuat program adalah bagian tersendiri yang tidak ditentukan sebelum atau sesudah tahap lainnya. Bisa saja tahap ini dikerjakan berbarengan dengan lainnya. Selagi game designer membuat model karakter, seorang programer menulis source code untuk physicnya. Atau bisa juga ditambahkan pada akhir proses, yaitu membuatkan cheat. Banyak sekali yang bisa dilakukan oleh seorang programmer game. Jika desainnya mengharuskan memakai engine sendiri, maka si programer harus membangun engine dari nol.


Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Game_programmer

http://rizkiekasatria.wordpress.com/category/game-development/

You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Game programmer"

Posting Komentar

Powered by Blogger